Kamis, 19 Januari 2023

Electron Dot Diagram For Neon


Electron Dot Diagram For Neon

jumlah proton, netron dan electron pada atom neon dan ion neon

Daftar Isi

1. jumlah proton, netron dan electron pada atom neon dan ion neon


Jawaban:

p = 10

e = 10

n = 10

Penjelasan:

neon (Ne)

no. atom = 10

pada atom netral

no. atom = proton = elektron

10 = proton = elektron

jadi

proton = 10

elektron = 10

no massa neon = 20

neutron = no. massa - no. atom

neutron = 20 - 10

neutron = 10


2. Tuliskan konfigurasi electron untuk atom neon dan ion neon


Konfigurasi elektron ₁₁Na :

₁₁Na = 1s² 2s² 2p⁶ 3s¹

Konfigurasi elektron ₁₀Ne :

₁₀Ne = 1s² 2s² 2p⁶

#semoga membantu


3. Which of following electron-dot structures is wrong?


A

F dengan F ikatan tunggal

Jadikan jawabn terbaik, jngan lupa follow untuk diskusi lebih lanjut


4. suatu unsur memiliki notasi64x diagram orbital yang paling tepat untuk electron terakhir 29 dari unsur X adalah...


₆₄X : 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁶ 4s² 3d¹⁰ 4p⁶ 5s² 4d¹⁰ 5p⁶ 6s² 4f⁸


Diagram orbital elektron terakhir 29 ada pada subkulit 3d⁹ bisa dilihat pada gambar :)


5. Write the Lewis dot symbol for magnesium and chlorine atoms.


Jawaban:

mg forms ionic bond to Cl by donating its valence electrons to two Cl atoms . The electron configuration of Mg is [Ne]3s². It can achieve a complete octet by losing its components


6. Tuliskan reaksi eksitasi atom neon?reaksi yang mana yang melepas cahaya? hitunglah panjang gelombang electron itu, jika electron tersebut teremisi mengikuti deret balmer


Jawaban:

Reaksi ionisasi atom neon dalam fase gas menjadi ion neon positif yaitu Ne(g) → Ne⁺(g) + e⁻. Perbedaan dari ion neon dengan atom neon terdapat pada jumlah elektron dalam atom. Pada atom neon terdapat 10 elektron adapun pada ion neon positif hanya terdapat 9 elektron.

CUMAN ITU DOANG...

MAAF BANGET...

SEMOGA MEMBANTU...


7. 1. Tuliskan reaksi ionisasi atom neon (Ne) dalam fase gas menjadi ion neonpositif (Ne+). Apa perbedaan atom neon dan ion neon ? Berapa jumlah proton,netron dan electron pada masing-masing spesis tersebut ? Apa peranan teganganlistrik yang tinggi (biasanya 220 V) dalam reaksi ini ?​


Jawaban:

Ne --> Ne^+ + e

reaksi ini terjadi dalam lampu neon, dan hanya akan terjadi pada suhu yang sangat tinggi atau dengan pemberian lecutan listrik

Perbedaan : Molekul GA MESTI SENYAWA karena H2, N2, O2, F2, P4, S8, dll juga adalah molekul (tapi bukan senyawa) melainkan molekul unsur.

Atom adalah bagian terkecil penyusun unsur/materi yang masih memiliki sifat-sifat unsur/materi tersebut. Materi yang lebih kecil dari atom disebut subpartikel (proton, neutron, elektron, dll) yang TIDAK lagi memiliki sifat-sifat unsur. Contoh: Fe, H, O, S, Ar.

Ion dapat diartikan sebagai partikel yang bermuatan. Kalau atom dan molekul itu netral (jumlah proton=jumlah elektron) maka ion itu ada yang bermuatan negatif (jumlah elektron > jumlah proton) dan sebaliknya. Contoh: Fe2+, O2-, SO4 2- (ion sulfat), dll.

Ada pula radikal yaitu atom atau molekul yang memiliki elektron tak berpasangan


8. tuliskan reaksi ionisasi atom neon dalam fase gas menjadi ion neon positif. apa perbedaan ion neon dan atom neon?


Reaksi ionisasi atom neon dalam fase gas menjadi ion neon positif yaitu Ne(g) → Ne⁺(g) + e⁻. Perbedaan dari ion neon dengan atom neon terdapat pada jumlah elektron dalam atom. Pada atom neon terdapat 10 elektron adapun pada ion neon positif hanya terdapat 9 elektron.  

Pembahasan  

Neon merupakan salah satu unsur golongan gas mulia. Unsur gas mulia merupakan nama dari kelompok unsur yang terdapat pada golongan VIIIA. Unsur yang terdapat dalam golongan VIIIA memiliki sifat yang stabil. Unsur-unsur yang terletak pada golongan gas mulia memiliki energi ionisasi yang sangat besar sehingga unsur-unsur yang terletak pada golongan ini sangat sukar melepaskan elektronnya. Selain itu unsur gas mulia juga tidak memiliki keelektronegatifan sehingga sangat sukar membentuk ion negatif.  

Neon atau dapat disimbolkan sebagai Ne memiliki nomor atom 10 dan nomor massa 20. Protonisasi atom neon atau ionisasi atom neon dalam bentuk gas membentuk ion neon positif dapat terjadi jika digunakan energi yang tinggi dalam prosesnya karena atom Ne memiliki energi ionisasi yang sangat besar. Reaksi ini dapat terjadi pada suhu tinggi dan biasanya digunakan lecutan listrik pada prosesnya. Reaksi ioniasainya dapat dituliskan sebagai berikut:  

Reaksi ionisasi: Ne(g) →Ne⁺(g) + e⁻

Atom neon berbeda dengan neon. Atom neon diketahui dalam tabel periodik memiliki nomor atom 10. Nomor atom tersebut mewakili jumlah proton yang terdapat dalam atom. Pada keadaan netral tanpa muatan jumlah proton dalam atom sama dengan jumlah elektronnya sehingga dapat diketahui bahwa jumlah elektron pada atom neon adalah 10 elektron. Sedangkan dalam keadaan ionnya yaitu Ne⁺ jumlah elektronnya berkurang. Pada reaksi diketahui bahwa terjadi pelepasan 1 elektron sehingga jumlah elektron yang terdapat dalam atom berkurang 1 menjadi 9. Jadi dapat disimpulkan perbedaan dari atom neon dan ion neon terletak pada jumlah elektron yang terdapat dalam kulitnya.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang reaksi ionisasi https://brainly.co.id/tugas/22924030.  

2. Materi tentang energi ionisasi https://brainly.co.id/tugas/17385577.  

3. Materi tentang gas mulia https://brainly.co.id/tugas/21970759.  

----------  

Detil jawaban  

Kelas: X  

Mapel: Kimia  

Bab: Struktur Atom  

Kode: 10.7.2  

#JadiRankingSatu  


9. 1. Tuliskan reaksi ionisasi atom neon (Ne) dalam fase gas menjadi ion neon positif (Ne+). Apa perbedaan atom neon dan ion neon ? Berapa jumlah proton, netron dan electron pada masing-masing spesis tersebut ? Apa peranan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220 V) dalam reaksi ini ? ​


Jawaban:

NE--> NE^++ereaksi ini terjadi dalam lampu neon dan hanya akan terjadi pada suhu yang sangat tinggi atau dengan pemberian lecutan listrik.

perbedaan: molekul senyawa karena H2.,N2, O2, F2, P4, S8, dan lain-lain juga adalah molekul (tapi bukan senyawa) melainkan molekul unsur.

atom adalah bagian terkecil penyusun unsur/ materi yang masih memiliki sifat sifat unsur/ materi tersebut.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

10. Diketahui unsur Q (Z = 33) a. Buatlah konfigurasi electron (Aturan Aufbau : s, p, d, f) b. Berapa jumlah electron dalam masing-masing kulit? c. Berapa jumlah electron valensi? d. Gambarkan diagram orbital khusus pada electron valensi ! e. Berapa jumlah electron yang tidak berpasangan ? f. Berapa harga ke 4 bilangan kuantum = n, I, m, s dari electron yang diisi terakhir ?


Semoga dapat membantu ^^

Bantu aku untuk menjadi yang terbaik juga ya! ^^


11. Reaksi eksitasi atom neon ? reaksi yang mana yang melepas cahaya ? hitunglah panjang gelombang electron itu, jika elektron tersebut teremisi mengikuti deret balmer.​


Jawaban:

Reaksi ionisasi atom neon dalam fase gas menjadi ion neon positif yaitu Ne(g) → Ne⁺(g) + e⁻. Perbedaan dari ion neon dengan atom neon terdapat pada jumlah elektron dalam atom. Pada atom neon terdapat 10 elektron adapun pada ion neon positif hanya terdapat 9 elektron.

Maaf Kalo gk lengkap


12. Tuliskan konfigurasi electron untuk atom neon dan ion neon. Berapa jumlah kulit yang ada ? Orbital atom apa saja yang ada ? Sub-orbital apa saja yang ada ? Gambarkan bentuk orbital dan sub-orbital yang ada. Apa sesungguhnya orbital dan sub-orbital itu ?


Konfigurasi electron dari atom neon, yaitu:

₁₀Ne = 1s² 2s² 3p⁶

Konfigurasi electron dari ion neon, yaitu:

Ne⁺ = 1s² 2s² 3p⁶ 3s¹

Ne⁻ = 1s² 2s² 3p⁵

Jumlah kulit atom neon:

Nomor atom neon = 10, sehingga jumlah elektron = 10. Jumlah elektron pada masing-masing kulit yaitu

Kulit ke - 1 =  2(1)²  =2 elektron

Kulit ke - 2 = 2(2)²  =2×4 =8 elektron

Sehingga jumlah kuit atom neon adalah ₁₀Ne = 2 8

Orbital dan sub-orbital:

Orbital atom pada atom neon adalah 1s 2s dan 3pSub-orbital atom pada atom neon adalah s dan pGambar orbital dan sub-orbital terlampir.Orbital adalah ruangan yang ditemukannya suatu elektron.Sub-orbital adalah yaitu subkulit atom yang terdapat elektron seperti s, p, d, dan f

Pembahasan

Neon adalah elemen atom yang tidak mudah bereaksi atau non-reaktif (inert). Telah dilaporkan bahwa Ne dapat berikatan dengan fluor. Namun, meskipun ada bukti bahwa koneksi ini ada, masih menjadi perdebatan apakah koneksi neon ini ada.

Sifat atom neon:

Neon bersinar oranye kemerahan dalam tabung vakum yang melepaskan muatan listrik.Memiliki 40 kali kapasitas pendinginan helium cair dan 3 kali kapasitas pendinginan hidrogen cair. Neon umum, lembam, dan lebih murah daripada helium sebagai pendingin saat dibutuhkanDibandingkan dengan semua gas mulia, pelepasan muatan neon memiliki intensitas yang lebih tinggi pada tegangan dan arus yang luar biasa.

Manfaat neon yaitu sebagai indikator tegangan tinggi, penangkal petir, pengukur gelombang, dan tabung TV. Neon dan helium digunakan dalam produksi laser gas. Liquid Neon sekarang tersedia secara komersial dan sangat penting sebagai embrio freezer yang ekonomis.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang konfigurasi elektron https://brainly.co.id/tugas/971209Materi tentang orbit dan sub-orbit atom https://brainly.co.id/tugas/3783261Materi tentang atom neon https://brainly.co.id/tugas/1406556

Detail jawaban

Kelas : X

Mapel : Kimia

Bab : Struktur Atom

Kode : 10.7.2

#AyoBelajar #SPJ2


13. l-hal yang perlu didiskusikan: 1. Tuliskan reaksi ionisasi atom neon (Ne) dalam fase gas menjadi ion neon positif (Ne'). Apa perbedaan atom neon dan lon neon ? Berapa jumlah proton, netron dan electron pada masing-masing spesis tersebut? Apa peranan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220V) dalam reaksi ini?Apa peranan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220V) dalam reaksi ini?​


Jawaban:

aku juga ada soal gini tolong bantu plis!!!

:)


14. 5. Tuliskan konfigurasi electron berdasarkan sub kulit, dan tentukan electronvalensi, golongan dan periode serta gambarkan diagram orbital dari atomberikut :a. 27Cob. 33As​


Jawaban:

Jawaban terlampir di foto ya

#GeniuzS05

#SAYIDI


15. Apa yang anda ketahui tentang susunan electron yang dimiliki oleh unsur neon, argon, kripton, xenon dan radon?


Jawaban:

neoj, Xenon, Argon kripton, Radon adalah unsur di golongan VIIIA. unsur tersebut merupakan unsur gas mulia.

Penjelasan:

unsur gas mulia sudah sesuai dgn kaidah oktet. kaidah oktet adalah aturan yang mengharuskan unsur memiliki elektron valensi delapan agar unsur tersebut stabil.

semoga bisa membantu


16. Contoh soal dot Contoh soal dot dan cros


dot:0.5-97.897777777777

cros:7.7sin(8+9)=

17. konfigurasi electron dan diagram orbital dari ion Al3+ (z=13)


Konfigurasi elektron = 1s2 2s2 2p6

18. 1. Tuliskan reaksi ionisasi atom neon (Ne) dalam fase gas menjadi ion neon positif (Ne+ ). Apa perbedaan atom neon dan ion neon ? Berapa jumlah proton, netron dan electron pada masing-masing spesis tersebut ? Apa peranan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220 V) dalam reaksi ini ?


jawab sendiri
susah tau

19. Tuliskan reaksi ionisasi atom neon (Ne) dalam fase gas menjadi ion neon positif (Ne+ ). Apa perbedaan atom neon dan ion neon ? Berapa jumlah proton, netron dan electron pada masing-masing spesis tersebut ? Apa peranan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220 V) dalam reaksi ini ?


Jawaban:

Kimia

Sekolah Menengah Atas

+25 poin

Terjawab

Ne --> Ne^+ + e

reaksi ini terjadi dalam lampu neon, dan hanya akan terjadi pada suhu yang sangat tinggi atau dengan pemberian lecutan listrik

Perbedaan : Molekul GA MESTI SENYAWA karena H2, N2, O2, F2, P4, S8, dll juga adalah molekul (tapi bukan senyawa) melainkan molekul unsur.

Atom adalah bagian terkecil penyusun unsur/materi yang masih memiliki sifat-sifat unsur/materi tersebut. Materi yang lebih kecil dari atom disebut subpartikel (proton, neutron, elektron, dll) yang TIDAK lagi memiliki sifat-sifat unsur. Contoh: Fe, H, O, S, Ar.

Ion dapat diartikan sebagai partikel yang bermuatan. Kalau atom dan molekul itu netral (jumlah proton=jumlah elektron) maka ion itu ada yang bermuatan negatif (jumlah elektron > jumlah proton) dan sebaliknya. Contoh: Fe2+, O2-, SO4 2- (ion sulfat), dll.

Ada pula radikal yaitu atom atau molekul yang memiliki elektron tak berpasangan.

Penjelasan:

SemogaMembantu^-^


20. Bagaimana lampu neon bekerja ? Lampu neon terdiri atas tabung gelas dengan elektroda (+) dan ( -) pada masing-masing ujungnya. Tabung gas berisi gas neon bertekanan rendah. Lampu neon membutuhkan tegangan listrik yang tinggi (biasanya 220 V). Atom neon bersifat netral dan tidak menghantar listrik, tetapi ionisasi atom neon pada fase gas akan membentuk ion Ne+ , sehingga tabung gelas berisi campuran ion dan elektron. Di dalam tabung gelas itu juga, akan terjadi tumbukan antara electron dengan atom neon yang tidak terionisasi, dimana energy internal electron akan ditransfer ke atom neon. Produk tumbukan ini adalah atom Ne dalam keadaan tereksitasi (Ne*, neon dengan tanda asterik). Atom neon tereksitasi ini tidak stabil. De-eksitasi electron dari atom neon tereksitasi akan melepaskan foton cahaya. Emisi cahaya inilah yang kita lihat.​


PROSES PENCAHAYAAN PADA LAMPU TL Pendahuluan Cahaya sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Tanpa cahaya manusia tidak akan dapat melihat benda-benda di sekitarnya. Oleh karena itu manusia memerlukan sumber cahaya, seperti matahari dan api. Dengan ditemukanya mesin uap, kemudian dilanjutkan dengan penemuan generator dan lampu listrik,maka sejak saat itu manusia mulai beralih menggunakan listrik sebagai sumber dalam kehidupannya. Termasuk juga dalam penggunaan cumber cahaya atau penerangan, mulai digunakan lampu listrik. Mulanya lampu listrik itu berisi kawat logam atau filamen yang menjadi panas bila dilalui aus listrik dan berpijar sehingga menghasilkan cahaya. Lampu seperti ini disebut lampu pijar. Dalam perkembangan selanjutnya diciptakan lampu-lampu pembiasaan gas. Kalau lampu pijar memberikan cahaya karena kawat pijat dilalaui arus listrik, maka lampu pembiasaan gas dapat memberikan cahaya karena adanya pembiasaan gas dalam tabung lampu yang menghasilkan cahaya. Dalam tabung lampu pembiasaan gas berisi gas mulia dan terdapat dua buah elektroda pada ujung-ujungnya. Apabila di antara kedua elektroda itu diberi tegangan yang cukup tinggi, maka elektron akan lepas dari elektroda negatif atau katoda. Selanjutnya elektron ini akan bertumbuhkan dengan atom-atom gas dalam tabung yang mengakibatkan gas tersebut bercahaya. Lampu seperti ini sering disebut lampu TL (Tube Lamp) atau lampu neon karena berisi gas neon. Perkembangan Lampu Listrik Lampu listrik yang pertama kali dibuat adalah busur api listrik yang diloncatkan diantara 2 buah elektroda. Karena adanya arus listrik mengakibatkan batang karbon memancarkan sinar yang tajam. Lampu listrik ini sampai sekarang masih digunakan pada proyektor film. Kelemahan dari lampu busur api listrik ini antara lain menggunakan energi listrik yang sangat tinggi, elektroda karbon yang dipakai lama kelamaan akan habis terbakar, dan sulit pengaturan jarak antara kedua elektroda.nya. Dalam perkembangan selanjutnya dibuat lampu listrik yang dapat digunakan untuk perumahan yaitu dengan menggunakan kawat yang memijar apabila dilewati arus listrik. Kawat pertama yang digunakan adalah kawat. Kawat karbon ini diletakkan dalam tabung hampa udara. Tetapi lampu kawat karbon inipun masih boros energi listrik dan cahaya yang dihasilkannya pun berwarna kemerahan, selain itu serat karbon ini tidak tahan pada suhu yang tinggi sehingga mudah terbakar. Tahun 1897 Nerst menciptakan lampu yang kawat pijarnya dibuat dan dhonium atau sirkumun oksida. Lampu yang dibuat oleh Nerst iini lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu-lampu listrik yang telah ada sebelumnya. Lampu pijar Nernst ini menghasilkan cahaya terang dan berwarna putih. Selain lampu pijar Nernst juga telah dibuat lampu pijar yang kawat pijarnya dibuat dari osmium. Karena kawat osmium ini sangat mahal dan mudah putus, maka kawat osmium ini diganti dengan kwat tantalium. Lampu pijar tantalium ini sangat kuat dan cahaya yang dihasilkan sangat terang. Tetapi harganya masih mahal. Kemudian digunakan kawat pijar yang terbuat dari walfrom atau tungsten yang digulung dalam spiral rangkap yang tampak seperti gambar 1. lampu pijar dari kawat walfram ini lebih hemat energilistrik dan harganya lebih murah. Gambar 1 : Spiral rangkap kawat wolfram


Video Terkait Topik Diatas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar